7 Ide Bisnis Untuk Kaum Milenial

Spread the love

Sebelumnya, apa itu generasi milenial? Generasi milenial adalah generasi yang lahir pada sekitaran tahun 1977-1995. Berdasarkan tahun kelahiran, jika dihitung hingga tahun sekarang, para kaum milenial kini sedang berada di usia produktif mereka untuk bekerja atau mencari kerja. Mulai dari menjadi karyawan korporat hingga anak muda yang memulai bisnis yang bagus atau biasa disebut dengan enterpreneur.

Ide Usaha Untuk Generasi Millenial

Generasi milenial adalah generasi yang bebas, penuh kreativitas, tidak suka terkekang dan siap mengekspresikan diri mereka kapan saja dan dimana saja. Berbeda dengan generasi-generasi sebelumnya, rupanya karakter generasi milenial pun berpengaruh terhadap minat mereka terhadap suatu pekerjaan yang akan mereka jalani, maka tak heran jika saat ini lebih banyak ditemui Coffee shop ketimbang para pemuda yang melamar pekerjaan di kantor kecamatan. Jika Anda termasuk ke dalam generasi milenial dan saat ini sedang bingung mencari referensi bisnis yang bagus untuk dimulai, maka di bawah ini ada beberapa jenis bisnis yang cocok bagi Anda para generasi milenial.

  1. Bisnis Cafe atau Coffee Shop

Sudah pasti
peluang bisnis modal kecil menguntungkan ini akan masuk ke dalam list bisnis yang harus dicoba oleh para milenial. Jika restoran mengutamakan rasa, maka cafe sesuai dengan karakter para pemuda masa kini, yakni estetik dan cozy. Walau persaingannya sangat ketat, namun tercatat setiap tahunnya bisnis cafe mengalami kenaikan. Dan memang cukup menguntungkan untuk jaman sekarang. Selain harus menyiapkan berbagai food and beverages yang unik dan tertampil menarik, usahakan juga cafe dipenuhi dengan fasilitas-fasilitas yang membuat para pengunjung betah berlama-lama seperti wifi gratis, desain yang estetik, tempat yang strategis hingga lighting room pun harus dibuat se cozy mungkin.

  1. Event Organizer

Jika jaman dahulu Event Organizer (EO) banyak dikenal hanya sebatas untuk penyelenggaraan pesta pernikahan saja, maka saat ini EO dikenal lebih luas lagi. Tak hanya sebagai penyelenggara tetek bengek pernikahan saja, namun banyak pula orang saat ini yang mencari Event Organizer sebagai pengatur dan penyelenggara berbagai macam event organisasi ataupun bisnis. Tentu saja bisnis ini  membutuhkan banyak inovasi dan ide-ide kreatif yang cocok dengan karakter para milenial. Itulah mengapa bisnis ini pun semakin banyak bersaing satu sama lain. Mulai dari membuat acara ulang tahun mewah, acara konser musik sekolah dan kampus, hingga perusahaan. Tunggu apa lagi? Ayo milenial tunjukkan kreativitas dan relasimu!

  1. Bisnis Crafting

Lagi dan lagi, industri kreatif sangat banyak dibutuhkan untuk saat ini. Seolah pekerjaan duduk dan menyelesaikan pekerjaan dari atasan sudah tidak seru lagi. Jika jiwa Anda adalah jiwa seni yang tinggi dan gemar membuat karya tangan karya tangan, maka Anda patut mencoba bisnis crafting seperti membuat kain sulam, gelang dari rotan dan alat bahan lainnya, lukisan dinding minimalis, rangkaian bunga, scrapbook atau cloth painting. Semua ide usaha itu dijalankan dengan penuh kreativitas dan kebebasan. Anda pun dapat mempromosikan karya-karya Anda lewat social media pribadi atau khusus bisnis Anda. Dengan bantuan fotografer profesional dan sedikit editor grafer, Anda pun dapat menciptakan karya seni publik yang indah lewat sosial media.

  1. Fashion Stylist

Apakah Anda menyukai fashion? Mahir desain pakaian? Atau mahir dalam urusan mix and match fashion? Maka bisnis fashion stylist cocok untuk Anda. Karena semakin banyaknya bisnis penjualan baju-baju baik dari desainer ternama hingga desainer kecilan semuanya tetap membutuhkan seorang penata busana untuk menata gaya dan busana bagi modelnya dalam proses pemotretan produknya agar semakin menarik dan diharapkan dapat menambah nilai jual. Terlebih lagi saat ini media sosial seperti Instagram yang semakin luas dalam membiarkan para enterpreneur dalam mengekspresikan dan mempromosikan produk-produk mereka. Dengan bantuan kolaborasi fotografer profesional dan photo editor, maka Anda dapat menciptakan karya seni dengan nilai jual.

  1. Food Stylist

Bersamaan dengan semakin maraknya cafe-cafe estetik, bahkan restoran pun tidak mau kalah menghadirkan menu-menu yang lezat dan estetik. Disinilah para food stylist beraksi. Dengan modal kamera yang memadai, Anda dapat memulai dengan menata makanan agar semakin terlihat menarik dan menggiurkan saat difoto sehingga dapat dijadikan media untuk promosi agar penjualan pada restoran tersebut semakin banyak diminati. Dengan sistem online sebagai alat promosi, maka biaya yang dikeluarkan tidak akan mahal. Oleh karenanya di negara-negara maju lainnya bisnis ini cukup banyak diminati. Selain menciptakan karya seni dan dibayar, tentunya Anda juga dapat terus update seputar dunia kuliner dan dapat terus mencicipi makanan-makanan lezat dan mewah setiap harinya.

  1. Fotografer

Di era ini, semakin banyak orang mengekspresikan passion dan skill mereka dan menuangkannya ke dalam profesi. Tidak memerlukan modal yang cukup besar, Anda hanya butuh kamera dan skill maka sudah dapat menghasilkan karya seni dan dapat menghasilkan uang jua. Jika Anda memiliki kamera dan masih bingung akan digunakan untuk apa, maka sila improve skill Anda dan mulailah keluar eksplore lingkungan sekitar Anda. Ketika kiranya sudah mulai handal, mulailah dengan unggah foto-foto tersebut di akun media sosial Anda. Banyak fotografer profesional yang memulai bisnis fotografi mereka dari sosial media. Dengan begitu diharapkan akan banyak klien yang tertarik untuk memakai jasa Anda untuk memotret produk hingga moment.

  1. Bisnis Trading

Ada lagi bisnis yang cocok untuk kaum milenial, yakni bisnis yang identik dengan teknologi, termasuk bisnis trading. Bisnis ini membutuhkan modal yang minimalis yakni berupa koneksi internet lancar 24 jam, gadget, serta kemampuan analisa yang handal dan telaten. Di beberapa negara maju bisnis sudah merambah ke kalangan mahasiswa karena dibutuhkan keberanian dan rasa ingin tahu yang tinggi. selain keberanian, resiko yang ditawarkan pun cukup tinggi.

Demikian beberapa referensi bisnis yang bagus untuk generasi milenial. Mudah, penuh kreativitas, bebas dan penuh inovasi. Sesuai karakter para generasi ini. Jika Anda sedang bingung untuk memulai bisnis Anda, maka silakan perbanyak referensi dan terus upgrade diri Anda agar tercipta skill-skill baru sehingga tidak lagi tertinggal jaman.  Jadi, sudah siapkah Anda para generasi milenial untuk memulai bisnis yang bagus?

error: Content is protected !!