8 Bisnis Menjanjikan Untuk Anak Muda

Spread the love

Menjadi kawula muda, khususnya mahasiswa merupakan saat saat yang tidak sulit namun pula tidak mudah. Terlebih bagi Anda kaum anak rantau yang jauh dari orang tua, yang mengharuskan sedikit lebih mandiri dari anak rumahan, baik dari segi gaya hidup maupun finansial. Usaha anak muda makin banyak dilirik oleh kalangan mahasiswa karena dirasa dapat mendatangkan penghasilan tambahan untuk kebutuhan sehari-hari.

Kata Siapa Mahasiswa Tidak Boleh Memiliki Bisnis?

Menjadi mahasiswa yang merangkap sebagai pemilik usaha bukanlah hal yang jarang ditemui akhir-akhir ini. Buktinya, semakin banyak usaha-usaha anak muda yang hingga kini semakin sukses masih dijalankan untuk menambah pundi-pundi uang. Berikut adalah beberapa ide usaha yang cocok dijalankan anak muda di era milenial.

  1. Bisnis Jual Kaos

Banyak anak muda yang takut dan ragu untuk menjalankan bisnis jual beli kaos. Alasan modal besar, harus memiliki mesin sablon, harus menerima order dalam jumlah banyak baru bisnis ini dapat berjalan dan lain-lain. Namun bagi Anda anak muda yang sedang mencari ide untuk membuka usaha dan tertarik di bidang desain dan clothing, rupanya tidak perlu begitu mencemaskan hal-hal tersebut. Anda tidak perlu memiliki mesin sablon untuk memulai bisnis jual kaos seperti yang Anda inginkan. Cukup dengan menambah relasi dengan tempat konveksi yang Anda percaya, Anda sudah dapat memulai membuat desain kaos yang keren untuk dijual ke teman-teman Anda. Jika Anda khawatir tentang jumlah pesanan, maka Anda dapat memulai dengan menawarkan jasa/produk Anda pada event-event kampus yang membutuhkan kaos sebagai identitas.

  1. Bisnis Jasa Desain Grafis

Bagi Anda anak muda yang mahir dan senang dengan dunia desain, silakan cari-cari lowongan di platform lowongan perkerjaan, maka Anda akan sangat banyak menemukan klien-klien yang membutuhkan jasa desain grafis, baik untuk perorangan maupun perusahaan besar. Bekerja sesuai passion, menyenangkan bukan?.

  1. Bisnis Dropship

Salah satu kendala bisnis bagi anak muda adalah modal. Bagaimana jika modal kita jauh dari bisnis yang ingin kita jalani? Maka Anda dapat memulai bisnis dengan sistem dropship. Tidak diperlukan banyak stok barang, dapat dijual secara offline maupun online, lebih fleksibel karena Anda dapat memilih banyak produk untuk dijual, serta dapat memulai relasi konsumen pada usaha jual beli Anda yang pertama. Adapun beberapa referensi produk dropship  yang paling laris manis saat ini diantaranya jualan baju impor, kosmetik, skincare, produk mom and baby, obat herbal dan kesehatan, produk custom, dekorasi kamar kos, dan masih banyak lagi.

  1. Bisnis Jasa Printing

Apabila Anda ingin memulai bisnis dengan modal minimum, maka Anda dapat memaksimalkan fungsi alat-alat yang ada. Membuka jasa printing bermodalkan satu buah printer seharga Rp 500.000 hingga Rp 1.000.000 maka Anda sudah dapat menambah pemasukan bulanan Anda. Mulai tawarkan jasa Anda pada teman-teman sekelas atau jurusan.

  1. Bisnis Penitipan dan Perawatan Hewan Peliharaan

Usaha ini sangat cocok bagi anak muda yang menyukai hewan beserta tetek bengeknya. Biasanya daerah seperti kota-kota besar cocok untuk memulai bisnis ini. Anda dapat menawarkan jasa penitipan dengan memasang tarif per jam. Selain itu, apabila Anda memiliki kemampuan lebih seperti memandikan, merawat bulu, keramas hingga mengeringkan bulu hewan peliharaan, maka jasa yang Anda tawarkan pun dapat lebih. Dengan bermodalkan satu petak ruangan, kandang hewan, makanan hewan, dan alat-alat mandi seperti sabun dan shampoo hewan peliharaan, Anda sudah dapat memulai bisnis yang sangat menyenangkan ini.

  1. Bisnis Jual Beli Aplikasi

Bagi Anda mahasiswa IT atau mahir dalam pembuatan program dan aplikasi, maka Anda dapat mencoba membuat salah satu aplikasi yang kiranya banyak dibutuhkan oleh orang atau perusahaan. Mulai komersialkan produk Anda dan jadikan bisnis ini sebagai awal dari karir Anda. Tidak semua anak muda bisa membuat aplikasi, itulah mengapa produk-produk seperti aplikasi banyak dipatok dengan harga yang cukup tinggi. aplikasi untuk mesin cashier, aplikasi untuk memudahkan belajar, atau bahkan game untuk dijual ke perusahaan-perusahaan besar. Jika Anda termasuk ke dalam salah satu mahasiswa IT dengan salah satu mata kuliah koding, maka dalami ilmunya dan terapkan agar nantinya dapat membuat suatu produk aplikasi yang layak dijual belikan pada perusahaan-perusahaan besar.

  1. Bisnis Cafe

Akhir-akhir ini Coffee shop banyak ditemukan hampir di setiap sudut jalanan kota. Jika memang sudah sebanyak itu, maka cobalah untuk sedikit berinovasi lagi. Stop berkiblat hanya pada satu produk, bagaimana dengan membuka cafe susu kambing murni, susu sapi murni, cafe khusus donat, atau bahkan cafe khusus jajanan pasar tradisional? Dan mulailah buat sasaran baru, alih-alih hanya berpatok pada mahasiswa dan anak sekolahan, cobalah membuat sasaran ibu-ibu arisan atau bapak-bapak karyawan dengan menawarkan tempat yang asyik, nyaman dan bersih. Selain tempat, layanan seperti wifi gratis, tempat nobar bola dan moto GP, ruang baca dan sebagainya. Perbanyak pula promosi lewat sosial media seperti Instagram dan Twitter. Jika modal dirasa terlalu besar, maka Anda dapat membuka usaha bersama teman-teman Anda.  Sambil pelan-pelan menjalankan usaha, jangan lupakan ekspansi jika cafe dirasa semakin ramai dan banyak diminati pengunjung.

  1. Bisnis Jasa Les Bimbel

Jika kuliah Anda berbasis pendidikan dan belum menemukan sekolah sekolah untuk mengaplikasikan pekerjaan Anda sebagai guru, maka inilah waktunya bagi Anda para sarjana pendidikan untuk memulai membuka bisnis edukasi dengan rekan-rekan Anda. Mulailah mencari kontrakan bangunan yang dekat dengan lingkungan sekolah, dan buat brosur untuk mempromosikan bimbel Anda. Mulai dari berdua, Anda sudah dapat membuat kelas dan jadwal untuk mengajar murid-murid Anda. Namun usaha ini tidak sesempit untuk para sarjana pendidikan saja, bagi Anda yang merasa memiliki kemampuan akademik lebih dan memiliki passion sebagai seorang pengajar, maka dapat pula mengajak teman-teman lainnya untuk turut dalam mengedukasi generasi muda untuk pendidikan yang lebih baik.

Demikian beberapa ide usaha anak muda yang cocok dijalankan bagi Anda kaum milenial yang sedang berusaha mencari membuat lapangan sendiri tanpa turut menjadi anggota dari suatu perusahaan. Jika bisa memulai dari diri sendiri, mengapa harus ikut orang lain?

error: Content is protected !!